Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Menyambung kegiatan lokakarya pengembangan sistem data dasar (9/11). Pusat Pejaminan Mutu LPPMP UNY mengadakan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal UNY pada hari jumat(7/12). Acara dibuka oleh Sekretaris LPPMP, Prof. Dr. Suwarna, M.Pd, kemudian diisi oleh dua orang pemateri yaitu Kepala Pusat Penjaminan Mutu Dr. Bambang Subali dan Kepala Biro UPK Drs. Setyo Budi Takarina.

Upaya penjaminan dan peningkatan mutu perguruan tinggi sulit dilepaskan keterkaitannya dengan manajemen mutu dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dimana semua fungsi manajemen yang dijalankan diarahkan semaksimal mungkin dapat memberikan layanan yang sesuai dengan atau melebihi standar nasional.

Pada dasarnya, SPMI bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh setiap perguruan tinggi, melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, dalam rangka mewujudkan visi serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan internal dan eksternal perguruan tinggi.  “Sistem penjaminan mutu harus memiliki standar mutu baik akademik maupun non-akademik baik menurut 8 standar nasional dan standar UNY.” demikian menurut Pak Bambang. (bin)