Direktorat Penjaminan Mutu UNY Gelar Workshop Penyusunan LED Kriteria Kurikulum ACQUIN

Sebagai upaya memperkuat internasionalisasi pendidikan tinggi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Draf Laporan Evaluasi Diri (LED) Kriteria Kurikulum Accreditation Certification and Quality Assurance Institute (ACQUIN) pada Kamis, 12 Juni 2025, bertempat di Hotel UNY, Karangmalang.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., yang dalam sambutannya menegaskan komitmen pimpinan universitas untuk memfasilitasi kebutuhan program studi dalam proses akreditasi internasional. Dukungan tersebut mencakup kebijakan, pendanaan, hingga pendampingan teknis yang berkelanjutan. Dalam sambutannya Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd.menyatakan bahwa “UNY akan terus mendukung dan memfasilitasi setiap program studi yang berproses menuju akreditasi internasional. Ini adalah bagian dari strategi besar kita dalam membangun reputasi global”.

Sebagai penyelenggara kegiatan, Direktur Direktorat Penjaminan Mutu UNY, Prof. Dr. Lia Yuliana, M.Pd., melaporkan daftar program studi yang saat ini tengah dalam proses persiapan akreditasi internasional melalui lembaga ACQUIN, total sebanyak 12 program studi, yaitu sembilan program studi dari Fakultas Ilmu Pendidikan, yaitu Prodi S1, S2 dan S3 Manajemen Pendidikan, Prodi S1 dan S2 Kebijakan Pendidikan, Prodi S1 Teknologi Pendidikan, Prodi S2 Teknologi Pembelajaran, Prodi S2 Bimbingan Konseling, serta Prodi S1 Pendidikan Non Formal; dua program studi dari Fakultas Psikologi, yaitu S1 dan S2 Psikologi; dan satu program studi dari Sekolah Pascasarjana, S3 Ilmu Pendidikan. Direktur DPM juga menekankan pentingnya penyusunan LED dengan komprehensif sesuai dengan kurikulum prodi yang berbasis Outcome Based Education (OBE).

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 110 peserta, terdiri dari jajaran pimpinan fakultas FIP, FIP, dan Sekolah Pascasarjana, serta tim task force program studi dari jenjang S1, S2, dan S3. Metode workshop interaktif dan partisipatif diterapkan, seperti gallery walk, diskusi kelompok (group work), serta sesi tanya jawab terbuka. Melalui pendekatan ini, peserta tidak hanya menerima informasi secara satu arah, tetapi juga terlibat aktif dalam mendiskusikan dan merefleksikan kondisi kurikulum masing-masing program studi.

Workshop ini telah menyelaraskan pemahaman dan memfasilitasi program studi dalam menyusun LED yang berbasis data dan sesuai dengan standar akreditasi ACQUIN. Kegiatan ini akan berlanjut dengan penyusunan evaluasi diri pada kriteria berikutnya. DPM berkomitmen untuk memastikan bahwa kedua belas program studi yang menyusun LED ini berhasil terakreditasi oleh ACQUIN.

Penulis : Maya

Editor : Syauqi.