Email : ditpenjamu@uny.ac.id
Asesmen Lapangan oleh LAMDIK: Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa UNY Mantapkan Langkah Menuju Akreditasi Unggul

Program Studi Doktoral (S3) Ilmu Pendidikan Bahasa, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), menerima kunjungan Asesmen Lapangan (AL) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) pada Senin, 4 Agustus 2025. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat Lantai 2 UNY dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Dua asesor LAMDIK yang hadir adalah Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd. (Universitas Sebelas Maret) dan Prof. Dr. Sumiyadi, M.Hum. (Universitas Pendidikan Indonesia), yang keduanya merupakan Guru Besar di bidang pendidikan bahasa dan linguistik. Keduanya disambut oleh jajaran pimpinan universitas, mulai dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Direktur Direktorat Penjaminan Mutu (DPM), Prof. Dr. Lia Yuliana, S.Pd., M.Pd., hingga Dekan dan Wakil Dekan FBSB serta Tim Task Force Prodi.
Prof. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, S.Pd., M.Pd., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, menyampaikan apresiasi atas komitmen Prodi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa yang telah mempersiapkan proses akreditasi dengan baik. Ia juga menegaskan bahwa UNY terus mendukung peningkatan mutu akademik melalui sistem penjaminan mutu internal yang kuat, sejalan dengan visi menjadi universitas kependidikan bereputasi dunia.
Tim Asesor menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan program studi dalam menghadapi asesmen. Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd. menyoroti pentingnya sinergi antara akademik dan pengelolaan mutu dalam mendukung keunggulan program doktoral. Sementara itu, Prof. Dr. Sumiyadi, M.Hum. menambahkan bahwa keberadaan DTPS yang kuat serta luaran riset yang relevan menjadi modal utama dalam mendukung predikat unggul.
Kegiatan asesmen ini menjadi bagian penting dalam proses evaluasi eksternal untuk memastikan mutu pendidikan tinggi tetap terjaga dan meningkat. Diharapkan, hasil asesmen ini dapat memperkuat posisi Prodi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa sebagai program unggulan dalam bidang kependidikan bahasa di tingkat nasional maupun internasional.
Penulis: Syauqi
Editor: Endah