Email : ditpenjamu@uny.ac.id
Direktorat Penjaminan Mutu UNY Selenggarakan Program Applied Approach bagi Dosen Kelas X & W

Direktorat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menggelar Program Applied Approach bagi dosen kelas X & W yang berlangsung pada 14 hingga 19 September 2025. Kegiatan ini berlangsung secara luring dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang, terdiri dari 22 peserta di kelas W dan 22 peserta di kelas X. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, memperkuat mutu pembelajaran, sekaligus mendukung tercapainya standar pendidikan tinggi yang lebih baik di UNY.
Peserta pelatihan berasal dari berbagai fakultas di UNY, mencerminkan keragaman latar belakang keilmuan. Rinciannya meliputi 7 dosen dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 8 dosen dari Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), 7 dosen dari Fakultas Vokasi (FV), 6 dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 3 dosen dari Fakultas Teknik (FT), 2 dosen dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), 2 dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 3 dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 1 dosen dari Fakultas Kedokteran (FK), dan 5 dosen dari Fakultas Psikologi (FP).
Materi yang disampaikan mencakup beragam topik penting, di antaranya manajemen mutu pembelajaran, etika dan moral dalam pembelajaran, aplikasi penelitian tindakan kelas, pengembangan bahan ajar cetak maupun online, pendekatan konstruktivisme, pengembangan kurikulum perguruan tinggi, penilaian aspek keterampilan dan afektif, hingga rekonstruksi mata kuliah. Peserta juga akan mempresentasikan rancangan rekonstruksi mata kuliah sebagai bentuk penerapan dari pembelajaran yang diperoleh.
Kegiatan ini menghadirkan para narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dalam mengembangkan pembelajaran di perguruan tinggi. Kehadiran para pakar ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang komprehensif sekaligus praktik nyata yang dapat diaplikasikan langsung dalam kegiatan mengajar.
Selain pembelajaran tatap muka, program ini juga dilengkapi dengan pendalaman materi melalui platform daring glacier.uny.ac.id. Dengan kombinasi metode sinkron dan asinkron, peserta tidak hanya mendapat pemahaman teoretis, tetapi juga pengalaman praktis yang mendukung pengembangan mata kuliah berbasis capaian pembelajaran.
Penyelenggaraan Applied Approach tidak hanya menjadi forum peningkatan kapasitas dosen, tetapi juga wujud nyata komitmen UNY dalam menjaga mutu pendidikan tinggi. Dengan adanya program ini, UNY berharap dapat mencetak dosen-dosen yang inovatif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan di era digital.
Penulis: Syauqi
Editor: Endah