UNY Selenggarakan Program Applied Approach Kelas A9 dan A10 untuk Tingkatkan Mutu Pembelajaran Dosen

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) kembali melaksanakan Program Applied Approach (AA) sebagai bagian dari upaya sistematis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme dosen. Kegiatan kali ini diperuntukkan bagi Kelas A9 dan A10, dan dilaksanakan secara luring pada 20 s.d. 24 Oktober 2025 di Kampus UNY.

Program Applied Approach merupakan bagian penting dari tahapan pengembangan profesional dosen yang berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran di perguruan tinggi. Melalui pelatihan ini, dosen diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang inovatif, efektif, dan berorientasi pada Outcome-Based Education (OBE).

Pelatihan diikuti oleh 38 dosen peserta, yang terbagi dalam dua kelas: Kelas A9 dan Kelas A10. Peserta berasal dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Teknik (FT). Program studi yang berpartisipasi antara lain Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan IPS, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Pariwisata, Ilmu Politik, Pendidikan Kimia, serta Pendidikan Teknik Elektro.

Selama lima hari pelaksanaan, peserta mengikuti 100 jam pelatihan (JP) dengan materi yang disusun secara komprehensif. Materi tersebut mencakup prakondisi dan penugasan, manajemen mutu pembelajaran di perguruan tinggi, etika dan moral dalam pembelajaran, pengembangan kurikulum, penelitian tindakan kelas, pendekatan konstruktivisme, pengembangan bahan ajar cetak dan daring, penilaian aspek keterampilan dan afektif, multimedia pembelajaran, serta penyusunan panduan praktikum dan rekonstruksi mata kuliah.

Kegiatan berlangsung dinamis dengan suasana pembelajaran yang interaktif. Peserta tidak hanya menerima materi dari fasilitator, tetapi juga terlibat aktif dalam diskusi, simulasi, studi kasus, dan praktik penyusunan perangkat pembelajaran. Pada sesi akhir, para dosen mempresentasikan hasil rekonstruksi mata kuliah yang dikembangkan berdasarkan prinsip Outcome-Based Education (OBE), serta mendapatkan umpan balik langsung dari tim pengembang mutu UNY.

Melalui kegiatan ini, para peserta memperoleh wawasan dan keterampilan baru untuk memperkuat praktik pembelajaran yang berorientasi pada mahasiswa. Dosen juga didorong untuk menjadi agen perubahan dalam pengembangan proses belajar yang kolaboratif, kreatif, dan kontekstual di program studi masing-masing.

Penulis: Syauqi

Editor: Endah

.