Email : ditpenjamu@uny.ac.id
Direktorat Penjaminan Mutu UNY Gelar Rapat Evaluasi Narasumber Applied Approach untuk Tingkatkan Mutu Pelatihan dan Kompetensi Dosen

Direktorat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Rapat Evaluasi Narasumber Applied Approach (AA) UNY Kelas G–V Tahun 2025 pada Kamis (7/8), bertempat di Ruang Rapat 1 Gedung Imam Barnadib Lantai 6.Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan Applied Approach yang telah sukses dilaksanakan mulai 9 Juni hingga 1 Agustus 2025. Sebanyak 320 dosen dari berbagai program studi di UNY mengikuti pelatihan tersebut, yang diselenggarakan dalam 16 kelas, yaitu dari kelas G hingga V. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dosen dalam merancang pembelajaran yang interaktif dan berbasis kebutuhan mahasiswa.
Direktur Direktorat Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Lia Yuliana, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa evaluasi ini penting dilakukan sebagai bentuk komitmen UNY dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelatihan. “Evaluasi narasumber menjadi bagian dari siklus peningkatan mutu berkelanjutan. Hasil evaluasi ini tidak hanya menjadi bahan refleksi bagi narasumber, tetapi juga menjadi dasar rekomendasi untuk pelatihan mendatang agar lebih berdampak dalam pengembangan profesional dosen,” ujarnya.
Rapat evaluasi ini mengundang 44 narasumber yang telah terlibat dalam pelatihan. Tujuan utama rapat ini adalah untuk mengkaji kualitas penyampaian materi oleh narasumber dan kesesuaiannya dengan tujuan pelatihan. Selain itu, rapat ini juga bertujuan mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperbaiki guna meningkatkan efektivitas pelatihan Applied Approach di masa mendatang. Luaran dari kegiatan ini berupa laporan hasil evaluasi narasumber serta rekomendasi yang akan menjadi acuan dalam peningkatan pelatihan dan pengembangan kompetensi dosen UNY. Pelaksanaan rapat evaluasi ini merupakan bagian dari komitmen UNY untuk terus menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul, inovatif, dan berdaya saing melalui peningkatan mutu pembelajaran secara berkelanjutan.