Email : ditpenjamu@uny.ac.id
Direktorat Penjaminan Mutu UNY Rancang Strategi Baru Survei Kepuasan Sesuai Standar BAN-PT dan LAM

Yogyakarta – Direktorat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Rumusan Hasil Pencermatan Instrumen Akreditasi BAN-PT dan LAM pada Senin, 5 Mei 2025. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat 2, lantai 6 Gedung Imam Barnadib ini dimulai pukul 15.00 WIB dan dihadiri oleh Direktur Direktorat Penjaminan Mutu (Ditpenjamu), Sekretaris Ditpenjamu, Kepala dan Sekretaris Pusat Pengembangan Mutu serta Pusat Sertifikasi dan Akreditasi (PUSSERA), tim ahli, staf Ditpenjamu, para Kepala Unit Penjaminan Mutu Fakultas (Ka. UPM), Kasubdit, serta staf pendukung lainnya.
Acara resmi dibuka oleh Direktur Ditpenjamu, Prof. Dr. Lia Yuliana, M.Pd., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya penyesuaian instrumen survei kepuasan agar mendukung pemenuhan standar akreditasi yang semakin beragam dan spesifik.
"Kita perlu memastikan bahwa instrumen yang digunakan tidak hanya memenuhi standar, tetapi juga mampu merepresentasikan kualitas serta kebutuhan masing-masing program studi di UNY," ujarnya.
Diskusi kemudian dipandu oleh Sekretaris Pengembangan Mutu, Dr. Nirmala Adhi Yoga Pambayun, M.Pd., dengan fokus utama pada pencermatan instrumen akreditasi dari LAM dan BAN-PT. Hasil pencermatan ini akan menjadi dasar untuk penyesuaian sistem survei kepuasan UNY, yaitu SISUKE.
Tujuan utama kegiatan ini adalah menyelaraskan instrumen survei dengan indikator dan kebutuhan masing-masing lembaga akreditasi, serta menyederhanakan proses pengisian survei oleh dosen dan sivitas akademika melalui sistem yang lebih praktis, relevan, dan efisien.
Dalam forum tersebut, Direktur Ditpenjamu juga meningkatkan strategi dan aspek teknis pelaksanaan survei, di antaranya: Validasi dan sosialisasi instrumen secara menyeluruh; Pembuatan video singkat yang menarik untuk meningkatkan partisipasi responden; Penetapan periode pengisian survei yang tetap dan konsisten; dan Integrasi pengisian survei dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD); serta Penyusunan tabulasi tren respons per fakultas sebagai dasar evaluasi dan tindak lanjut.
Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen Direktorat Penjaminan Mutu UNY dalam mendorong continuous improvement melalui pembaruan dan penyesuaian instrumen mutu internal agar selalu sejalan dengan perkembangan standar nasional maupun internasional. Hal ini sejalan dengan misi UNY untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola pendidikan tinggi secara menyeluruh dan berkelanjutan. (maya)