BAGAIMANA PELUANG KERJA DI MASA NEW NORMAL ?

Saat ini situasi pandemi covid 19 memberikan konsekuensi keterpurukan hampir di segala sendi bidang kehidupan, mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, termasuk di dalamnya bidang pendidikan. Dampak dalam bidang pendidikan tampak pada upaya alumni yang baru saja lulus tetap harus produktif mempersiapkan kemandiriannya selepas meninggalkan bangku perguruan tinggi. Dalam kondisi yang penuh keterbatasan seperti sekarang ini, tidak mudah bagi para alumni memasuki dunia kerja. Para alumni perlu mendapatkan wawasan dan pemahaman tentang peluang-peluang kerja terutama pada masa new normal seperti sekarang,

Berdasarkan kondisi tersebut, pada hari Selasa 28 Juli 2020 Pusat Sertifikasi dan Karir UNY telah menyelenggarakan Virtual Prejob Training yang bertajuk “Peluang Kerja di Masa New Normal”. Terkait dengan tema tersebut, Pusat Sertifikasi dan Karir menghadirkan 2 narasumber yaitu Ibu Nurul Andriani, S.Psi (Head of Recruitment Management PT Paragon Technologie & Innovation) dan Bapak Fajar Santoso, S.Pd T (Eduacation and Social Engagement PT Astra Agro Lestari Tbk).  Acara tersebut dihadiri lebih dari 200 peserta alumni dan mahasiswa tingkat akhir dan dibuka langsung oleh Ketua LPMPP, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd.

Paparan materi pertama dari Ibu Nurul Andriani, S.Psi menekankan bahwa pandemi covid 19 ini tidak dijadikan problem yang besar tetapi justru menjadi peluang untuk mengasah kemampuan teknologi dan inovasi. Hal itu tampak pada beberapa program PT Paragon Technologie & Innovation yang sebelum covid sulit dilakukan tetapi di masa pandemi ini justru mendapatkan kemudahan-kemudahan dengan penggunaan teknologi dan inovasi. Dengan demikian, persiapan diri bagi para pencari pekerjaan perlu dilakukan dengan mulai mencari perusahaan-perusahaan yang inovatif sehingga dapat bertahan di masa yang sulit seperti masa pendemi ini. Selain itu juga perlu akselerasi-akselerasi dalam kemampuan digital. Oleh karena itu perlu adanya “Know yourself” yaitu melihat kesesuaian diri dengan pekerjaan. Mempersiapkan career development juga tidak kalah penting, yang hal itu ditujukan untuk mencapai sukses.

Bapak Fajar Santoso, S.PdT. juga menyoroti tentang perubahan mindset bahwa “change is good”. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan digitalisasi yang semakin meningkat di beberapa program-program di PT Astra Agro Lestari Tbk. Kemampuan teknologi menjadi hal yang penting untuk melihat peluang-peluang yang ada di dunia kerja. Selain itu, Head Office PT Astra Agro Lestari Tbk ini juga menyampaikan bahwa masa ini menjadi momen untuk mengembangkan diri, yaitu dengan melakukan upgrade skill yang dimiliki saat ini.

Kegiatan Virtual Prejob Training yang diselenggarakan Pusat Sertifikasi dan Karir diakhiri dengan tanya jawab seputar teknis rekruitmen, permasalahan-permasalahan dalam seleksi karyawan dan kemungkinan-kemungkinan peluang dan lowongan di masa new normal. Informasi-informasi tersebut diharapkan  dapat memberikan gambaran tentang dunia kerja di masa new normal seperti yang terjadi saat ini. Hal yang lebih penting lagi, informasi tersebut dapat memberikan bekal bagi alumni dan mahasiswa tingkat akhir untuk lebih mampu melihat peluang kerja dan mempersiapkan diri untuk mencapai sukses. (/dani)